Aplikasi Epoxy Lantai dan Tahapan-Tahapan

Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Aplikator Epoxy Lantai Berpengalaman
08561046186Chat via WA (Online 24 Jam!)
Tangerang Selatan. Banten.

Aplikasi Epoxy lantai yang benar harus sesuai dengan teknik yang digunakan. Kontraktor Epoxy yang berpengalaman akan melakukan tahapan ini berdasarkan peraturan agar pelapisan Epoxy menjadi memuaskan. Teknik aplikasi ini lebih pada pelapisan Epoxy pada lantai beton. Semua lantai ruangan bisa dilapisi Epoxy, tergantung pada ketebalan yang ideal dengan mempertimbangkan beban yang melewatinya dan kegunaannya.
Kunci kesuksesan pelapisan Epoxy pada teknik pengaplikasiannya.Untuk lebih jelasnya Anda bisa konsultasikan soal aplikasi epoxy lantai di mobile 0812 9904 6564

Nah, secara garis besar ada tiga tahapan: persiapan, pengerjaan dan pasca pelapisan. Berikut ini tiga tahap aplikasi Epoxy pada lantai beton.

aplikasi epoxy lantai

Aplikasi Epoxy Lantai Tahap Persiapan

Pada tahap ini, seorang aplikator Epoxy akan meneliti apakah lantai yang akan dilapisi Epoxy sudah siap. Ada syarat yang harus dipenuhi lantai yaitu daya tekan lantai paling tidak 225 kg/cm2 dan tulangan harus cocok dengan desain awal perencana struktur. Sebelum aplikasi Epoxy lantai dilakukan, lantai harus tahan beban tanpa ada penurunan.
Kelembapan harus ideal. Maka, setelah pengecoran beton dilakukan, baru 28 hari kemudian pelapisan Epoxy dilakukan. Lantai pun harus rata dan jika ditemukan ada bagian yang tidak rata atau rusak, maka harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Perbaikan ini dilakukan oleh kontraktor yang akan mengerjakan pelapisan. Namun, perbaikan akan menyebabkan biaya menjadi lebih tinggi.

Tahap Pengerjaan

Tahap pengerjaan adalah pelapisan atau perataan (leveling) dengan menggunakan Epoxy. Tiap kontraktor bisa saja menggunakan produk Epoxy yang berbeda-beda. Beberapa produk unggulan yang bisa digunakan antara lain Propan, Sika, Jotun, Basf dan Fosroc. Tidak menutup kemungkinan, produk Epoxy lain juga digunakan. Yakinkan produk yang digunakan berkualitas tinggi.
Tahap pengerjaan dilakukan setelah lantai rata betul dan bersih dari tumpahan minyak, pasta atau oli. Tumpahan semen dan kotoran kering seperti semen yang membatu juga sudah dikelupas terlebih dahulu agar bersih.
Setelah lantai didiamkan selama 2 x 24 jam, sudah waktunya pemasangan Epoxy dilakukan. Aplikasi Epoxy lantai dibantu oleh kipas angin dengan skala besar atau blower sehingga proses pengeringan pada lantai yang masih lembap atau basah. Lantai terlebih dahulu dilapisi dengan menggunakan Epoxy primer. Teknik pengaplikasiannya bisa menggunakann alat semprot atau roller. Sebelum tahapan pelapisan selanjutnya, Epoxy primer dibiarkan mengering selama 12 jam.
Barulah setelah itu, tahapan Body Coate, Base Epoxy Coatdan Top Coate dilakukan. Setiap tahapan tersebut dilakukan cleaning dan sending. Peralatan yang digunakan harus berkualitas baik, termasuk roller agar tidak ada bulu yang rontok ketika digunakan untuk mengaplikasikan Epoxy. Pelapisan Epoxy pada lantai ruangan dilakukan sebanyak dua kali dan teknik aplikasi Epoxy lantai pada arah saling bersilangan. Agar hasilnya bisa maksimal, proses pelapisan pun harus diawasi agar terhindar dari berbagai jenis serangga beterbangan seperti lalat, laron atau nyamuk yang menempel pada lantai yang sedang dilapisi Epoxy. Jika ada kotoran atau apapun yang menempel pada lantai, maka kotoran diambil kemudian dilapisi kembali.
Ruangan juga harus cerah dan terdapat sirkulasi udara yang baik. Ruangan tertutup akan berbahaya karena kadar kimia yang terdapat dalam Epoxy bisa tercium oleh para pekerja. Merokok juga tidak diperbolehkan selama proses persiapan hingga pelapisan. Abu rokok bisa menyebabkan kualitas Epoxy tidak baik.

Tahap Pasca Pelapisan

Jika tahapan Epoxy lantai di atas bisa dilakukan dengan benar dengan teknik yang sesuai standar, maka ketebalan Epoxy akan sesuai dengan rencana awal dengan hasil memuaskan. Begitu selesai dilapisi, lantai tidak boleh digunakan terlebih dahulu bahkan untuk berjalan.
Barulan setelah 12 jam, lantai bisa dilewati. Itupun, tidak boleh beban berat seperti gerobak atau kendaraan kecil. Jikapun akan dilewati, maka harus berjalan dengan hati-hati dan menghindari memakai sepatu denga sol atau ujung sepatu yang tajam atau keras. Karena lantai masih lunak, sebaiknya menggunakan sandal karet dengan permukaan alas lunak. Barulah setelah tujuh haru sejak pelapisan, lantai ruangan bisa dilewati oleh handpallet, gerobak atau forkflit.
Dibutuhkan presisi dan ketelitian sejak persiapan hingga pasca pelapisan terakhir agar menghasilkan lantai yang benar-benar kuat dan keras. Seorang kontraktor profesional dengan tim aplikator yang berpengalaman akan bisa melakukan semua tahapan-tahapan aplikasi Epoxy lantai.Untuk lebih datai nya Anda bisa kunjungi wikipedia

Aplikator Epoxy Lantai Berpengalaman merupakan kontraktor an berpengalaman sudah puluhan tahun di dunia epoxy dan mengerti tahapan tahapan yang harus di kerjakan.Jika Anda ingin menggunakan aplikasi kami silahkan hubungi kami di mobile 0812 9904 6564


Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: