Epoxy Lantai vs Keramik: Manakah Yang Terbaik?

Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PT. Kreasi Inspirasi Sahabat
08561046186Chat via WA (Online 24 Jam!)
Jl. Raya Serpong, RT 01 RW 03, No. 39 Serpong,Tangerang Selatan. Banten.

Penilaian mana yang terbaik pasti berhubungan dengan kualitas. Dan jika epoxy lantai dibandingkan dengan keramik, tentu epoxy menjadi pemenangnya.

Kenapa demikian?

Pada dasarnya, cat epoxy itu sama dengan keramik, yaitu bertujuan agar lantai terlihat bersih dan rapih. Dengan menerapkan keramik atau mengecat lantai dengan epoxy, lantai menjadi lebih mudah dibersihkan.
Akan tetapi, ini bukan satu-satunya tujuan penerapan cat epoxy. Jika keramik hanya untuk membuat lantai bersih, epoxy lebih dari itu. Cat epoxy membuat lantai semakin kuat.

Maka dari itu, banyak gudang yang sering dilewati truk dengan muatan sangat berat lantainya terbuat dari cat epoxy. Pemilik gudang tidak perlu khawatir lantai rusak. Bahkan, ketika lantai sudah dilapisi dengan cat epoxy, lantai tahan terhadap goresan.

Tidak sampai di situ saja. Cat epoxy juga tahan terhadap zat kimia. Anda pasti tahu partikel keramik bisa rusak jika terkena bahan kimia. Hal ini tidak akan berpengaruh pada epoxy lantai. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak laboratorium didesain dengan menggunakan lantai epoxy.

Jadi, jelas mengapa epoxy lantai lebih baik daripada keramik. Sayangnya, untuk mendapatkan kualitas tersebut, Anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Proses pengecatan epoxy lantai membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, material yang digunakan pun memiliki harga yang variatif.

Epoxy Lantai

Cara Mengecat Lantai Beton

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk memastikan lantai beton dicat dengan sempurna.
Tahap pertama adalah pengelupasan noda pada lantai beton. Terkadang, ada noda atau kotoran yang menempel pada beton. Noda tersebut ada yang mudah dibersihkan, ada juga yang sulit. Untuk noda yang membandel, proses pengelupasan perlu menggunakan mesin floor polisher. Alat ini digunakan untuk grinding, yaitu menghilangkan noda menempel pada lantai beton serta membuka pori-pori lantai.

Tahap kedua adalah mengaplikasikan plamir. Plamir ini disebut juga dengan lapisan dasar yang gunanya untuk memastikan lantai beton halus dan rata. Maka dari itu, setelah proses plamir selesai, seorang aplikator harus melakukan peninjauan ulang. Pasalnya, terkadang ada bagian yang tidak terlapisi oleh plamir dengan baik. Bagian tersebut harus diplamir ulang.

Tahap ketiga adalah mengecat dengan cat epoxy. Lama waktu pengecatan tergantung pada ketebalan cat yang Anda butuhkan. Selanjutnya adalah finishing. Ini proses menutup bagian paling atas sehingga lantai terlihat glossy atau dof, sesuai dengan keinginan Anda.Setidaknya tiga tahap tersebut yang akan dilakukan oleh penyedia jasa epoxy lantai.

Harga Keramik Tanpa Nat

Anda mungkin masih ragu mana yang paling bagus antara cat epoxy lantai dengan keramik. Padahal, sudah jelas. Dari fungsinya saja, lebih banyak manfaat melapisi lantai beton dengan epoxy daripada dengan keramik.

Bagaimana dari sudut biaya?

Sebenarnya, perbedaan harga antara membuat epoxy lantai dengan keramik tidak terlampau jauh. Selisihnya sangat sedikit. Apalagi sekarang ini harga keramik semakin mahal. Satu meter persegi saja bisa sampai Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Harga keramik tergantung motif serta kualitas keramik itu sendiri. Apalagi jika Anda membeli keramik tanpa nat. Jelas harganya lebih mahal daripada keramik biasa.

Belum lagi Anda harus menghitung biaya tukang serta material yang digunakan seperti semen dan pasir. Proses pengerjaanya sendiri pun memakan waktu.
Lain hal dengan epoxy lantai. Material yang diperlukan hanya cat epoxy saja. Sementara itu, jika pengerjaan dilakukan oleh seorang aplikator profesional, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.

Epoxy Lantai 3D

Tentu Anda ingin memiliki sebuah hunian yang artistik, bukan? Dan untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa lakukan. Contohnya saja memasang keramik dengan motif berbeda sebagai vocal point.
Menurut Anda, mana yang lebih menarik antara memasang keramik motif atau mengaplikasikan epoxy lantai 3D? Pilihan yang kedua tentu yang terbaik.

Kami sebagai penyedia jasa epoxy lantai mampu mewujudkan keinginan Anda tersebut. Anda hanya perlu menentukan lantai mana yang akan diepoxy 3D serta gambar apa yang harus kami lukis pada lantai tersebut.

Harga Cat Epoxy Lantai

Untuk harga epoxy lantai 3D, kami mematok harga sekitar Rp 1.000.000 per meter. Harga ini bisa naik tergantung ketebalan cat serta kondisi lantai.

Memang harga epoxy lantai 3D sangat mahal mengingat harga cat epoxy lantai yang digunakan untuk pengecatan tersebut pun sudah cukup mahal. Belum lagi biaya untuk membayar aplikator. Ini bukan sembarang aplikator yang mampu membuat lantai epoxy lantai 3D. Aplikator harus memiliki jiwa seni yang tinggi. Maka sangat wajar jika harga epoxy lantai 3D mahal.

Perbedaan Epoxy dan Resin

Banyak yang sering salah sangka mengenai epoxy dan resin. Apakah beda antara epoxy dan resin? Harus dipahami bahwasannya resin ini salah satu komponen epoxy. Resin ini dicampur dengan bahan lainnya sehingga ketika diaplikasikan, bahan tersebut mengering dan mengeras.
Dalam hal ini, ada banyak sekali jenis resin. Untuk epoxy, masyarakat sering menyebutnya dengan resin epoxy.


Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: