Epoxy Pelapis Lantai adalah? Pengertian Epoxy Lantai

Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PT. Kreasi Inspirasi Sahabat
0821 1372 4737Chat via WA (Online 24 Jam!)
Jl. Raya Serpong, RT 01 RW 03, No. 39 Serpong,Tangerang Selatan. Banten.

Secara umum epoxy lantai adalah suatu proses pelapisan lantai yang menggunakan cat epoxy. Untuk cat epoxy ini berbeda dengan cat lantai yang digunakan pada umumnya. Dan cat epoxy lebih menghasilkan tampilan dari permukaan lantai yang cukup rapi, mengkilap, berkilau dan juga tentu saja lebih terlihat indah.Keunggulan epoxy lantai seperti yang di atas.

Apabila anda menjumpai jenis epoxy lantai yang ada pada tempat-tempat tertentu. Misalnya saja seperti rumah sakit, perkantoran, garasi serta gedung pabrik yang tampak mengkilap seperti keramik tanpa sambungan, maka itu sering kali menggunakan lapisan cat epoxy dan epoxy juga bisa tahan terhadap zat asam yaitu epoxy lantai zat asam .

Pelapisan Epoxy memang akan bisa menghasilkan tampilan lantai yang tampak halus mulus seperti pada lantai marmer. Pelapisan epoxy yang berkualitas pastinya akan menjadikan lantai lebih terlihat indah, bersih dan juga rapi di dalam waktu yang cukup lama.

Di dalam proses pelapisan epoxy sendiri ternyata terdapat beberapa tahap dari pelapisan yang menyertakan pemakaian bahan kimia dengan formula khusus di dalam pekerjaan. Epoxy juga merupakan sebuah bahan kimia resin dari hasil polimerisasi epoksida. Resin polimerisasi itu selanjutnya dikenal dengan nama resin thermosetting yang membentuk ikatan molekul yang erat pada suatu struktur antar polimer.

Pengertian Epoxy Lantai Adalah

Cara Mencampur Epoxy Dengan Hardener

Epoxy adalah suatu bahan kimia yang merupakan salah satu jenis resin yang didapatkan dari proses polimerisasi dari epoksida. Epoxy resin akan bereaksi dengan berbagai bahan kimia lain. Misalnya seperti amina polifungsi, asam, fenol dan juga alcohol. Pada umumnya dikenal sebagai bahan pengeras atau yang sering disebut hardener.

Sesudah dicampurkan, epoxy dan hardener maka akan berubah dari cair ke padat kemudian bisa menjadi sangat kuat. Selain itu juga bisa tahan suhu tinggi tertentu dan mempunyai ketahanan kimia yang cukup tinggi. Terdapat beberapa masalah umum yang sudah kerap muncul pada saat mencampur epoxy resin dengan hardener.

Hasil aplikasi cat epoxy terkadang terdapat beberapa bintik lembut kotoran pada seluruh permukaannya. Masalah tersebut kemungkinan besar terjadi sebab adanya pencampuran yang kurang tepat. Epoxy resin ini membutuhkan komposisi campuran yang begitu tepat. Dalam memperbaiki tampilan cat epoxy seperti ini, Anda sebaiknya menghapus seluruh lapisan dari campuran epoxy resin dengan menggunakan hardener selanjutnya membersihkannya dengan menggunakan aceton.

Jika terdapat gelembung udara atau bubble pada lapisan film epoxy resin yang sudah bercampur dengan hardener. Oleh sebab itu, selama proses pencampuran pada umumnya terdapat udara yang terperangkap. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan menghilangkan ataupun membuang udara sebelum campuran epoxy resin dan hardener mengering dengan sempurna.

Perbedaan Epoxy Dan Resin

Epoxy merupakan suatu kopolimer yang terbentuk dari dua bahan kimia yang memiliki perbedaan, yang disebut sebagai “resin” juga “pengeras”. Untuk Epoxy resin paling sering dihasilkan dari reaksi antara epiklorohidrin serta bisphenol-A. Namun tidak jarang yang terakhir nantinya akan digantikan dengan bahan kimia yang mirip. Sedangkan untuk pengeras terdiri atas monomer polyamine. Seperti halnya Triethylenetetramine (Teta). Pada waktu senyawa ini dicampurkan, kelompok amina akan bereaksi dengan kelompok epoksida dalam membentuk suatu ikatan kovalen.

Di setiap dari kelompok NH dapat menimbulkan reaksi dengan kelompok epoksida. Oleh sebab itu, polimer yang dihasilkan akan bisa terasa kaku dan juga kuat. Untuk proses polimerisasi dinamakandengan “curing” dan bisa dikontrol dengancara  melalui suhu. Jika dalam bahasa sederhananya Epoxy yaitu cat dua componen yang terdiri atas resin sebagai basenya serta polymed menjadi hardenernya. Komponen resin pada ringan, bahkan bisa tidak berwarna. Juga hampir bebas dari bau yang tidak enak. Hardener pada umumya berwarna gelap dan memiliki sedikit bau. Namun pada saat dua komponen ini dicampurkan, kedua komponen tersebut akan bereaksi secara kimia menjadi satu ikatan polymer. Lalu satu reaksi kimia itu bisa berlangsung sampai bisa selesai, maka mereka akan membentuk ikatan polymer yang kuat dan juga kaku.Jika sudah jadi warna epoxy lantai nya akan elegan dan glossy

Pada bentuk aslinya, epoksi resin keras serta getas, akan tetapi didalam pemakaian, plastik hampir saja selalu terdapat kandungan bahan campuran lain guna menyesuaikan sifat mekaniknya. Entah itu dari sisi kekuatan, kekenyalan, keuletan, dan lain sebagainya. Epoxy dijadikan sebagai pelapis akhir di dalam permukaan lantai, dinding dan juga pelapon. Entah itu dipakai pada lantai pabrik, rumah sakit, super market serta pada industri yang lainnya. Permukaan lantai yang telah dilapisi dengan epoxy akan semakin bersih tidak terdapat sambungan yang lebih kokoh serta tahan pada kimia. Epoxy juga sudah termasuk standart dari ISO dalam perusahaan yang sejenis industry.

Cat Epoxy Kayu

Material epoxy lantai yang terbuat dari bahan kayu mudah rusak karena lembab oleh air. Khususnya pada kayu-kayu olahan pabrik , misalnya seperti triplek, papan serbuk kayu (particle board) yang pada umumnya sering digunakan untuk bahan lemari. Dengan begitu pastinya membutuhkan cat epoxy kayu atau lapisan pelindung kayu. Pelindung kayu mungkin banyak kita jumpai pada toko cat dan toko bangunan seperti cat, epoxy, plitur, dan lain sebagainya. Cat Epoxy yang biasa dipakai sebagai cat pelapis material adalah bahan yang penting untuk melindungi material seperti kayu agar tetap awet. Produk cat epoxy kayu yang terbentuk dari pencampuran tersebut sangat khas memiliki sifat kuat serta daya tahan yang cukup baik. Di dalam tergolong cepat sebab waktu keringnya juga tergolong cepat. Cat pelapis kayu juga tahan pada kelembaban, suhu, ataupun dengan sinar UV. Jenis produk ini bahkan dapat digunakan untuk kebutuhan perekatan di dalam air.

Fungsi Hardener Pada Epoxy

Epoxy coating memang banyak sekali digunakan pada saat ini. Epoxy coating merupakan komponen dari material cat yang mempunyai basis resin yang berjumlah dua komponen. Maksudnya mempunyai dua campuran epoxy antara lain yaitu base dan juga hardener. Epoxy coating base resin yaknibasis resin cat epoxy. Sedangkan untuk bagian pengerasnya ialah suatu campuran dari pada base resin epoxy coating.

Hardener merupakan suatu zat yang ditambahkan di dalam suatu zat lain, yang bertujuan supaya zat tersebut mengeras atau menjadi kuat. Hardener pada umumnya digunakan di permukaan lantai garasi, area parkir, area pergudangan, area pabrik atau industri, dan juga area-area yang memerlukan lalu lintas.

Pekerjaan Hardener untuk lantai ini diaplikasikan pada semua pekerjaan lantai parkir kendaraan, gudang, area bongkar muat, tangga darurat, dan lain sebagainya. Untuk pelaksanaannya pastinya disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Serta harus mampu memberikan pengerasan di atas permukaan lantai bahkan epoxy lantai keramik bisa untuk melapisi keramik.

Penggunaan hardener ini ternyata memiliki banyak keunggulan, antara lain sebagai berikut ini;

  • Memiliki ketahanan yang sangat tinggi
  • Tahan terhadap benturan
  • Biaya yang ekonomis, umur lantai lebih panjang
  • Bebas pemeliharaan
  • Permukaan anti slip
  • Anti debu
  • Meningkatkan ketahanan terhadap oli dan pelumas

Harga Epoxy Resin

Untuk harga epoxy resin ini dimulai dari Rp 30.000,00 sampai dengan sekitar Rp 300.000,00. Epoxy resin mungkin lebih banyak dikenal disebabkan sifat adhesi yang telah dimilikinya. Akan tetapi epoxy resin juga manfaatnya sangat baik untuk melindungi logam, kayu, baja, beton, kaca. Selain itu juga beberapa plastik sebagai cat atau coating dengan membentuk lapisan yang cukup keras. Epoxy resin juga dipakai untuk menghasilkan cetakan, model, tuangan ataupun hasil cor dan perlengkapan yang lain. Epoxy resin juga akan terurai di bawah sinar matahari ataupun di bawah UV. Apabila Anda berencana untuk memakai epoxy resin pada luar ruangan sangatlah penting untuk menutup lapisan cat epoxy dengan menggunakan lapisan cat polyurethane ataupun dengan pernis. Untuk sekarang ini pelapis ataupun cat epoxy ini semakin dikembangkan kualitasnya dan juga semakin ramah pada lingkungan.

Harga Cat Epoxy

Harga cat epoxy dengan luas 3m2- 4m2 , berkisar antara harga Rp. 85.000 per kg untuk setiap setnya. Cat epoxy lantai dipergunakan untuk pelapis di permukaan lantai. Harga epoxy lantai untuk tiap kilo pada umumnya disesuaikan bersama bahan yang akan dipakai. Kemudian untuk harga dari jasa epoxy lantai pada umumnya dihitung per meter persegi (m²). Untuk penentuan dari harganya disesuaikan dengan ketebalan yang diukur dengan micron. Untuk mendapatkan cat epoxy lantai sesuai dengan kebutuhan anda, silahan menghubungi kami pada kontak yang telah tertera.

 


Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 Comments

  1. […] Epoxy lantai bukanlah cat lantai biasa. Di tengah harganya yang mahal, kita bisa tahu bahwa faktor utama yang membuat ni terjadi adalah bahan dasar Epoxy. Semakin baik kualitas bahan dasar, semakin baik pula kualitas, namun harga pun juga semakin mahal. Epoxy terdiri dari resin yang berfungsi sebagai dasar/base, dan polymed sebagai hardener/pengerasnya. […]

  2. […] cat epoxy lantai pada lantai permukaan beton akan menghasilkan permukaan yang gampang untuk dibersihkan serta […]

  3. […] dilihat dari manfaat yang akan diperoleh nantinya, Epoxy Lantai Beton memiliki banyak sekali manfaatnya jika dikerjakan atau diaplikasikan dengan teknik […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: