Kelemahan dan Keunggulan Epoxy Lantai Dibanding Keramik dan Vinyl

Share This
  •  
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

PT. Kreasi Inspirasi Sahabat
0821 1372 4737Chat via WA (Online 24 Jam!)
Jl. Raya Serpong, RT 01 RW 03, No. 39 Serpong,Tangerang Selatan. Banten.

Setidaknya kini Anda memiliki banyak sekali pilihan. Anda tidak hanya memiliki lantai keramik saja tapi ada juga bahan lainnya seperti vinyl dan granit. Dan ada alternatif lainnya yaitu epoxy lantai yang kini sedang trend. Anda bisa lihat sendiri banyak pusat perbelanjaan, gedung, gudang, serta rumah sakit yang lantainya tidak terbuat dari keramik melainkan epoxy dan epoxy bisa melapisi keramik dengan epoxy lantai keramik namanya .

Banyak orang menganggap cat epoxy lantai itu mahal. Anggapan tersebut sangat wajar mengingat tidak banyak properti yang lantainya dicat dengan epoxy. Namun, Anda bisa cek di website resmi kami sebagai jasa epoxy lantai. Harganya sangat terjangkau. Kami tawarkan harga epoxy lantai per meter persegi.

Bukan hanya harga saja yang menjadi kelebihan epoxy dibanding keramik dan vinyl. Epoxy itu jauh lebih kuat, lebih bersih, dan mengkilap. Dan yang pasti, lantai yang dicat epoxy tidak mudah retak. Maka dari itu, banyak gedung lantai dua dan seterusnya dicat dengan epoxy. Selain membuat lantai terlihat bersih, ini juga digunakan sebagai proteksi terhadap beton.

Kelemahan dan Keunggulan Epoxy Lantai Dibanding Keramik dan Vinyl

Harga Cat Epoxy Lantai

Anda mungkin langsung tertarik dengan epoxy lantai. Anda akan semakin tertarik lagi jika tahu harga epoxy lantai.

Dalam menentukan harga, kami mempertimbangkan beberapa faktor. Yang pertama adalah cat epoxy yang digunakan. Kami menyeakan berbagai merk cat epoxy lantai. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 40.000 per kilo hingga Rp 900.000 per kilo. Namun, kami tidak selalu merekomendasikan untuk memilih cat epoxy lantai termahal. Kami menyarankan agar Anda memilih cat epoxy yang terbaik. Artinya, cat harus disesuaikan dengan kondisi lantai.

Hal tersebutlah yang membuat kami harus melakukan survey ke lokasi. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu. Kami membuka layanan konsultasi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan epoxy lantai.

Faktor penentu harga epoxy yang kedua adalah ketebalan. Setiap lantai membutuhkan lapisan cat epoxy dengan ketebalan yang berbeda. Ada yang hanya membutuhkan ketebalan 300 micro saja. Ini biasanya lantai yang tidak banyak dilewati seperti lantai plafon. Jadi, lantai tidak butuh cat yang begitu tebal. Lain hal dengan lantai kolam renang. Setidaknya ketebalan cat 1000 micron. Penentuan ketebalan cat epoxy lantai ini berdasarkan seberapa berat beban pada lantai. Contohnya saja, tempat parkir mobil sebaiknya lantainya dilapisi dengan epoxy cukup tebal mengingat beban mobil cukup berat.

Ada cat epoxy dof dan glossy. Kebanyakan memang lantai dicat dengan cat epoxy glossy. Lantai rumah sakit yang paling sering menggunakan epoxy glossy. Lantai begitu licin, mengkilap, dan bersih. Sementara itu, dof terlihat lebih natural. Silakan Anda menentukan berdasarkan preference Anda.

Cara Mengecat Lantai Beton

Sebenarnya ada beberapa langkah yang sama antara pengecatan dinding dengan pengecatan lantai beton. Jadi, area yang akan dicat harus dibersihkan dari berbagai noda.

Untuk lantai beton, pembersihan menggunakan mesin grinding. Ini merupakan proses pembersihan permukaan lantai beton dari noda-noda yang menempel sekaligus membuka pori-pori lantai. Pori-pori ini harus dibuka agar cat epoxy lantai menempel dengan sempurna.

Setelah itu, beberapa langkah perlu dilakukan.

  1. Mengaplikasikan Primer Epoxy

Kami sebagai jasa epoxy lantai menyebut primer epoxy sebagai coating pertama. Kami menggunakan rol dalam mengaplikasikan coating ini agar pengerjaan lebih efektif dan cepat.

 

  1. Mengaplikasikan Plamir

Butuh waktu sekitar 1 jam agar primer epoxy benar-benar kering. Namun, lama waktu pengeringan tentu ditentukan oleh cuaca. Setelah kering, baru kemudian plamir diaplikasikan. Dan sekali lagi, setelah plamir selesai, harus ditunggu hingga lantai kering.

 

  1. Mengaplikasikan Cat Epoxy Dasar

Sama seperti dinding, lantai beton juga perlu dicat dasar. Agar permukaan halus, proses pengamplasan dilakukan setelah cat dasar mengering.

 

  1. Cat Epoxy

Langkah selanjutnya adalah melakukan cat. Lapisannya disesuaikan dengan ketebalan yang diinginkan. Semakin tebal cat epoxy, maka proses pengerjaan semakin lama.

Dan jangan lupa. Anda harus tentukan finishingnya. Apakah permukaan lantai beton glossy atau dof. Atau mungkin Anda ingin epoxy lantai 3D? Kami juga bisa melakukan pengecatan lantai beton epoxy 3D.

Merk Cat Epoxy Lantai

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir mengenai cat epoxy lantai karena kami sudah sediakan berbagai merk cat epoxy yang terbaik. Jadi, apapun merk yang Anda pilih, kami pastikan itu adalah cat yang terbaik.

Yang perlu kami lakukan adalah memastikan cat yang Anda pilih terbaik untuk kondisi lantai. Tentu setiap merk cat epoxy memiliki kelebihan masing-masing. Untuk itu, kami perlu survey ke lokasi lantai yang akan dilapisi dengan cat epoxy untuk memastikan kami tidak salah dalam merekomendasikan merk cat epoxy yang terbaik.

Memang merk cat menentukan harga epoxy lantai. Akan tetapi, kami akan memberikan penawaran yang terbaik dengan hasil yang tidak akan mengecewakan.

Epoxy Lantai 3D

Jika ada pertanyaan mana yang lebih unggul atau bagus antara epoxy lantai dengan keramik atau vinyl, tentu epoxy lebih baik mengingat ada epoxy lantai 3D. Inilah yang membuat lantai berbeda.

Epoxy lantai 3D merupakan cat lantai yang membuat gambar terlihat begitu nyata. Banyak sekali tempat bermain anak-anak yang lantainya dicat dengan epoxy 3D. Tempat tersebut akhirnya menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Tujuannya bukan hanya itu. Epoxy lantai 3D juga akan menambahkan nilai estetika dari sebuah bangunan. Anda bisa menentukan lantai tertentu dengan luas yang tidak harus besar di mana lantai tersebut dicat dengan epoxy 3D.

Kekurangan Lantai Epoxy

Memang banyak sekali kelebihan dari lantai epoxy. Namun harus diakui, ada juga kelemahannya.

Salah satunya adalah permukaan yang terlalu licin. Apalagi jika lantai tersebut sering dibersihkan menggunakan sabun. Maka dari itu, sebaiknya dipertimbangkan dulu sebelum lantai dicat dengan epoxy. Selain itu, cat epoxy lebih berbau menyengat mengingat komponen kimia yang digunakan.

Dari sudut pandang kelemahan dan keunggulan epoxy lantai tersebut, diharapkan Anda lebih mudah dalam menentukan pilihan apakah tetap ingin memilih epoxy lantai atau keramik dan vinyl.


Share This
  •  
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

2 Comments

  1. […] dari permukaan lantai yang cukup rapi, mengkilap, berkilau dan juga tentu saja lebih terlihat indah.Keunggulan epoxy lantai seperti yang di […]

  2. […] komponen untuk memastikan cat epoxy benar-benar sempurna ketika diaplikasikan pada lantai.Keunggulan epoxy lantai yang harga nya terjangkau bagi anda ayo beli cat epoxy […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: