Ragam Ketebalan Epoxy Lantai Sesuai Kebutuhan

Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PT. Kreasi Inspirasi Sahabat
0821 1372 4737Chat via WA (Online 24 Jam!)
Jl. Raya Serpong, RT 01 RW 03, No. 39 Serpong,Tangerang Selatan. Banten.

Ketika Anda mencari jasa epoxy lantai, Anda harus tahu juga berapa ketebalan cat tersebut. Mungkin selama ini Anda tahu harga epoxy lantai itu ditentukan oleh luas lantai yang akan dicat. Memang banyak jasa epoxy lantai yang menawarkan harga per meter persegi. Namun Anda juga harus tahu juga berapa ketebalannya.

Ini menjadi sangat penting karena Anda pasti tidak ingin lantai yang sudah Anda cat epoxy itu retak. Salah satu tujuan lantai dicat epoxy agar lantai tahan lama, bukan? Namun, bagaimana jika Anda sudah keluar banyak uang untuk membayar jasa epoxy lantai tapi ternyata lantai tetap rusak.

Maka dari itu, Anda harus tanyakan juga kepada penyedia jasa epoxy lantai mengenai ketebalan cat yang akan diaplikasikan. Bukan hanya sekedar berapa harga epoxy lantai per meter persegi.

Ragam Ketebalan Epoxy Lantai Sesuai Kebutuhan

Satuan Ketebalan Cat

Ketebalan cat epoxy itu diukur dengan satuan micron. Secara umum, ketebalan cat epoxy itu berkisar antara 300 sampai 3000 micron. Semakin tebal maka semakin kuat dan semakin bagus. Dan tentu saja harganya pun lebih mahal.

Apakah Anda harus memilih cat epoxy dengan ketebalan maksimal? Belum tentu. Ketelaban cat harus disesuaikan dengan keguanaan dari lantai tersebut.

Untuk lebih jelasnya, Anda harus ketahui kategorisasi dari ketebalan cat epoxy berikut ini.

  1. Low Traffic

Apakah lantai yang akan dicat epoxy jarang dilalui? Jika ya, maka diperlukan cat epoxy low traffic. Ketelaban antara 300 – 350 micron sudah sangat cukup.

 

Banyak sekali lantai yang menggunakan cat epoxy low traffic seperti untuk plafon, ruangan panel, dan lain sebagainya. Bahkan, tidak jarang juga mereka yang melakukan cat epoxy untuk dinding, atau yang sering disebut dengan wall coating. Tidak lain tujuannya agar struktur bangunan utama terpelihara dengan baik.

 

Pada intinya, cat epoxy dengan ketebalan 300-350 micron ini hanya untuk lantai yang tidak sering dilewati.

 

  1. Medium Traffic

Lantai dengan traffic medium ini harus dilapisi dengan cat epoxy tebal sekitar 500 micron. Lantai apa yang masuk ke dalam kategori medium traffic? Contohnya saja garasi mobil pribadi, lantai untuk rumah sakit. atau lantai untuk ruangan kerja dan rapat. Lantai tersebut memang sering dilalui tapi tidak begitu membutuhkan cat yang terlalu tebal.

 

  1. High Traffic

Anda pernah lihat sebuah koridor yang hampir setiap menit dilalui orang berjalan? Contohnya saja koridor di stasiun atau terminal. Lantai di koridor tersebut membutuhkan cat epoxy dengan ketebalan high traffic, yaitu setidaknya 1000 micron.

 

Namun, bukan hanya traffic saja yang menentukan. Pada intinya, yang menentukan ketebalan cat epoxy adalah seberapa besar beban yang harus ditahan oleh cat. Maka dari itu, lantai kolam renang juga termasuk ke dalam ketegori lantai yang harus diepoxy dengan ketebalan 1000 micron atau high traffic.

 

  1. Full Traffic

Ini lantai epoxy yang paling tebal, yaitu 2000 hingga 3000 micron. Lantai gudang yang dilalui truk atau kendaraan super berat harus dicat epoxy lantai dengan ketebalan full traffic.

Itulah ragam ketebalan epoxy lantai yang bisa Anda ketahui. Lalu, ketebalan berapa yang Anda perlukan untuk epoxy lantai Anda?

Jasa Cat Epoxy Lantai

Kami selalu perusahaan yang melayani jasa cat epoxy lantai tahu persis berapa ketebalan cat yang setiap pelanggan kami perlukan. Kami harus melakukan severy ke lokasi lantai yang akan dicat. Ini kami lakukan agar kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Kami akan memberikan rekomendasi ketebalan cat sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi, selama menjalankan bisnis pengecatan epoxy, kami sering menemukan beberapa kasus yang tidak biasa. Orang awam mungkin menganggap selama cat epoxy itu tebal maka itu sudah bagus dan kuat. Ternyata tidak. Sebagai jasa cat epoxy lantai, kami juga harus pastikan finishing benar-benar sempurna. Tidak ada retak atau permukaan yang tidak rata.

Jadi, selain kekuatan dari cat epoxy, lantai harus terlepisi dengan sempurna. Tidak retak dan permukaan rata.

Perbedaan Epoxy dan Resin

Banyak yang bingung mengenai perbedaan antara epoxy dan resin. Ada juga yang mencoba mencari tahu perbedaan antara keduanya itu.

Penjelasannya cukup singkat. Epoxy itu merupakan hasil dari perpaduan antara cat dengan resin. Jadi, apa itu resin? Resin itu salah satu komponen yang membentuk cat epoxy.

Maka dari itu, tidak semua lantai yang sudah dicat itu dicat dengan epoxy. Bisa saja bukan cat epoxy yang digunakan. Dan untuk menentukan bagaimana cat epoxy lantai itu memiliki kualitas yang bagus, resin menjadi salah satu faktor penentunya.

Maka dari itu, kami harus pastikan memilih resin yang sesuai dengan cat lantai yang akan diaplikasikan. Kami harus bisa mengambil semua keunggulan dari resin yang akan kami pilih.

Cara Membuat Cat Epoxy

Ada teknik khusus untuk membuat cat epoxy. Setidaknya ada tiga komponen yang harus dicampurkan. Ketiga komponen tersebut adalah thinner, resin, dan cat epoxy. Pencampuran tiga komponen ini harus sesuai dengan aturan.

Terkadang cat epoxy tidak maksimal lantaran proses pencampuran yang tidak tepat. Maka dari itu, sejak awal proses pengecatan, semuanya harus dikerjakan oleh orang yang profesional.

Dan sebenarnya ada komponen lainnya yang diperlukan seperti pigmen warna dan hardener. Semua itu akan kami sesuaikan dengan apa yang Anda inginkan.

Harga Cat Epoxy Per Meter Persegi

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, cat epoxy itu terdiri dari beberapa komponen yang dicampur dengan porsi yang tepat. Namun, cat epoxy itu sendiri dijual dengan harga yang berbeda sesuai dengan merknya. Dan harga cat epoxy tersebut dijual dengan satuan kilogram.

Jika Anda bertanya tentang berapa harga cat epoxy per meter persegi, itu artinya Anda harus tahu daya sebar dari cat epoxy yang Anda pilih. Kami mengerti berapa kilogram cat epoxy yang dibutuhkan untuk sebidang lantai dengan luas tertentu. Itu pun sudah termasuk komponen lainnya. Untuk informasi lebih jelas lagi mengenai harga cat epoxy per meter persegi, silakan Anda hubungi kami. Kami akan informasikan berapa biaya yang harus Anda siapkan berdasarkan merk cat epoxy yang Anda pilih.

Harga Borongan Epoxy Lantai

Sangat tepat jika Anda memilih jasa borongan epoxy lantai. Daripada Anda beli cat sendiri dan membayar tukang sendiri, ada kemungkinan biaya semakin membengkak. Sementara itu, jika Anda memilih harga borongan epoxy lantai, uang yang harus Anda keluarkan sudah Anda ketahui dari awal.

 


Share This
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Comments

  1. […] beberapa jenis Epoxy dengan ketebalan epoxy lantai masing-masing berbeda-beda. Perbedaan ketebalan disesuaikan dengan tujuan penggunaan lantai Anda […]

  2. […] Epoxy akan semakin rendah pula harganya. Sebagai gambaran harga dapat dimulai Rp.90.000 per m2 pada ketebalan epoxy lantai 300 micron dengan luas tertentu. Untuk harga tersebut termasuk harga terpasang dengan jasa dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: